Apa hukum menunda shalat karena pekerjaan?

Pertanyaan:
Apa hukum menunda shalat karena pekerjaan?

Jawaban:
Jika mengakhirkan shalat dari awal waktunya, sehingga ia shalat diakhir waktu tetapi shalat tetap dilakukan pada waktunya maka tidak masalah. Karena mendahulukan shalat pada awal waktu adalah keutamaan dan bukan kewajiban. Ini jika di sana tidak ada jama’ah di masjid. Jika tidak demikian, maka wajib atasnya mendatangi shalat jama’ah, kecuali jika ada udzur baginya untuk meninggalkannya.

Adapun jika menunda hingga keluar waktu shalat, maka hal itu tidak diperbolehkan bagi anda. Kecuali jika seseorang lupa dan betul-betul tenggelam dalam kesibukan, sehingga shalatnya terlupakan, maka sesungguhnya Nabi Sholallohu ‘alaihi wassalam bersabda,

مَنْ نَامَ عَنْ صَلَاةٍ أَوْ نَسِيَهَا فَلْيُصَلََّهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Barangsiapa tertidur atau lupa tidak melakukan shalat maka hendaknya dia shalat apabila dia ingat.”(Muttafaq ‘Alaih)

Sehingga jika dia ingat belum melakukan shalat kemudian melakukan shalat itu maka tidak apa-apa. Adapun jika dia ingat, tetapi dia lebih memprioritaskan pekerjaan yang dia terikat dengannya atau mengakhirkannya karena pekerjaan itu, maka hal ini adalah haram dan tidak diperbolehkan. Kalau dia melakukan shalat itu setelah waktu tersebut karena mementingkan pekerjaan, maka shalatnya tidak diterima, berdasarkan sabda Nabi Sholallohu ‘alaihi wassalam

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ اَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa mengamalkan suatu amalan yang tidak atas perintah kami maka amalan itu tertolak.” (Muttafaq ‘Alaih)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyebutkan, barangsiapa sengaja mengakhirkan waktu shalat hingga keluar dari waktunya tanpa alasan syar’i maka sesungguhnya shalatnya tidak sah. Karena dia telah mengeluarkannya dari waktu yang diperintahkan untuk menunaikannya pada waktu tersebut tanpa udzur. Sehingga dia telah melakukan amalan yang tidak diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasul-Nya. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberi taufik kepada kita.

(Syaikh Ibnu Utsaimin, Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin, 12/32)

- dikutip http://seninmalam.wordpress.com dari Fatwa-fatwa Untuk Pegawai, Pebisnis, Pedagang dan Wiraswastawan, hal 009, Penerbit eLBA)

About these ads
    • Kamil
    • April 24th, 2009

    Assalamualaikum wr.wb,

    Saya masih kurang jelas masalah jawaban atas pertanyaan : Apa hukum menunda shalat karena pekerjaan? dimana ustadz mengatakan sbb : “Jika mengakhirkan shalat dari awal waktunya, sehingga ia shalat diakhir waktu tetapi shalat tetap dilakukan pada waktunya maka tidak masalah. Karena mendahulukan shalat pada awal waktu adalah keutamaan dan bukan kewajiban. Ini jika di sana tidak ada jama’ah di masjid. Jika tidak demikian, maka wajib atasnya mendatangi shalat jama’ah, kecuali jika ada udzur baginya untuk meninggalkannya.”

    dikantor saya ada sholat berjamaah, pada saat itu saya sedang memimpin sebuah presentasi yang dihadiri oleh bos bos, saya merasa tidak enak untuk meninggalkannya padahal saya biasa sholat berjamaah awal waktu dimesjid, kemudian karena terbayang2 terus tentang sholat, akhirnya saya melarikan diri dari presentasi dengan suatu alasan dan saya sholat, apakah perbuatan saya benar atau salah? terima kasih.

    Wassalamualaikum wr.wb

    • Waalaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh…

      maaf saya baru buka komentarnya…
      untuk saat ini kami belum bisa menyediakan tanya-jawab tentang permasalahan Agama yang kita hadapi. Adalah keinginan/mimpi kami untuk mewujudkannya, mudah-mudahan Allah Ta’ala memudahkan kita untuk mewujudkannya.

      Akan tetapi silahkan merujuk ke situs-situs seperti http://www.abuzubair.net atau http://www.ustadzkholid.com untuk menanyakan perihal anda lebih lanjut.

      mohon maaf

    • taufik hn
    • Oktober 1st, 2013

    Pak Kamil yang terhormat…menurut saya,lebih baik meninggalkan pekerjaan untuk sholat dari pada meninggalkan sholat untuk pekerjaan,itu artinya anda insan yang takut kepada ALLAH SWT.karena kalo anda meninggalkan sholat,artinya anda takut sama manusia,manusia ciptaan ALLAH SWT.munkin anda tahu apa hukumnya kalo menunda sholat,hukum ALLAH SWT tidak bisa tergantikan dng materi dunia…jadi benar ap yang anda lakukan.takutlah hanya terhadap ALLAH swt.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: